Jenis Penyakit Thalasemia

Jenis Penyakit ThalasemiaPenyakit thalasemia termasuk penyakit atau kelainan pada darah yang diturunkan dari orangttua. Pada thalasemia, ditandai rendahnya kadar Hb yang disebabkan gangguan kemampuan tubuh memproduksi sejenis protein yang disebut “rantai globin”. Padahal, rantai globin itulah bahan utama untuk membentuk hemoglobin. Jenis penyakit thalasemia dibagi menjadi dua yaitu thalasemia minor dan thalasemia mayor.

Jenis Penyakit Thalasemia

Jenis Penyakit Thalasemia

Penyakit Thalasemia

Jenis penyakit thalasemia minor adalah penyakit yang disebabkan kelainan genetik yang diturunkan orangtua. Thalasemia minor umumnya tanpa gejala. Bahkan, thalasemia minor sering disangka sebagai anemia akibat kekurangan nutrisi (anemia defisiensi zat besi). Namun, begitu dilakukan pemeriksaan darah tepi, akan menunjukkan kadar Hb yang rendag dan sel ukuran darah merahnya kecil-kecil.

Kelainan jenis penyakit thalasemia mayor (ThTh) cukup berat dan dapat menyebabkan kematian. Thalasemia di Indonesia telah dilaporkan sebagai golongan thalasemia yang dapat menyebabkan kematian. Kelainan thalasemia minor tidak begitu parah dan genotipnya heterozigot (Thth). Gen untuk penyakit ini adalah Th = thalasemia dan th = normal.

Untuk mencegah penyakit thalasemia pada anak, sebaiknya bagi pasangan yang hendak menikah, menjalani screening (pemeriksaan) terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mengetahui ada atau tidaknya thalasemia pada pasangan. Hal ini mengingat tingginya frekuensi gen thalasemia di Indonesia yakni 5-10%. Selain itu, biaya pengobatan dan perawatan thalasemia pun masih tinggi.

Talasemia bukanlah penyakit menular, namun disebabkan oleh faktor keturunan (genetic). Pasien penyakit thalasemia sendiri banyak ditemukan didaerah miskin. Begitu juga dengan daerah endemis malaria. Daerah endemis malaria merupakan daerah yang sangat rentan terjadi kasus thalasemia. Parasit malaria diduga ikut membantu kerusakan sel darah merah. Sayangnya hingga saat ini thalasemia belum bisa diobati untuk penyembuhan. Bahkan, pada banyak kasus penderita thalasemia mayor tidak berhasil mencapai usia tua dan meninggal pada usia 19-30 tahun.

Namun kasus kematian bukan karena penyakit thalasemianya, tapi karena komplikasi kerusakan organ akibat penumpukan zat besi yang berlebihan di dalam organ tubuh. Namun agar penderita tetap produktif, dibutuhkan transfusi darah secara teratur setiap bulan selama hidupnya. Pengobatan yang efektif bisa memperpanjang usia harapan hidup hingga 40-50 tahun.

Jika satu kali transfusi darah memburuhkan biaya sampai 5 juta dan ditambah biaya obat, maka penderita thalasemia menghabiskan dana sekitar 7-10 juta perbulan hanya untuk pengobatan. Tentunya, ini tidak mudah bagi keluarga yang tidak mampu.

Gejala Thalasemia

Gejala yang ditandai dari penyakit thalasemia adalah :

  1. Anak-anak yang menjadi pembawa dari penyakit talasemia biasanya akan terlihat seperti orang yang normal disaat baru dilahirkan. Bagaimanapun juga mereka akan mulai mengalami masalah gejala awal seperti terjadinya penyakit anemia yang lebih serius dan semakin parah jika usia mereka mulai memasuki usia 13-18 bulan.
  2. Tubuh yang mulai mengalami pucat, lemah dan lebih gelisah
  3. Penyakit anemia yang terjadi dengan lebih serius dan juga bisa menyebabkan terjadinya masalah sesak nafas.
  4. Jaundice atau penyakit kuning
  5. Pembesaran pada limpa
  6. Perut buncit
  7. Perubahan atau deformitas pada tulang muka, pipi, dan juga rahang yang terjadi tidak normal atau sebagai tanda lewat.

Pengobatan Thalasemia

Pengobatan yang dilakukan pada jenis penyakit thalasemia. Maka penderita biasanya harus melakukan transfusi darah yang dilakukan setiap bulannya. Transfusi darah ini dilakukan dengan terus menerus yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya penumpukan pada zat besi yang ada di dalam organ tubuh yang sangat penting misalnya adalah hati, jantung, dan juga kelenjar pada endokrin yang pada akhirnya akan membuat fungsi organ mengalami kerusakan. Rawatan yang dilakukan dengan cara menyingkirkan zat besi yang terjadi dengan berlebihan maka harus diberikan suntian pemberian obat thalasemia Desferrioxamine. Pemindahan sumsum tulang yang sekiranya didapatkan dari pendonor yang berasal dari keluarga.

Pengobatan yang dilakukan dengan mencangkok sumsum tulang atau CST adalah salah satu terapi kuratif pada penderita penyakit thalasemia yang memang sudah terbukti keberhasilan yang lebih meningkat. Dan meskipun pada penderita yang sudah menerima transfusi darah dengan lebih banyak lagi. Tetapi,prosedur ini biasanya akan membawakan cukup resiko morbiditas dan juga mortilitas yang biasanya bisa digunakan hanya untuk penderita yang mempunyai saudara kandungan dalam keadaan sehat yang atau tidak menderita penyakit.

Pencegahan yang dilakukan adalah pada keluarga dengan riwayat penyakit thalasemia yang harus dilakukan dalam hal melakukan penyuluhan genetik untuk bisa menentukan dari resiko yang mempunyai anak yang mengalami atau menderita penyakit thalasemia. Pada penyakit thalasemia yang bisa mendapatkan pengobatan dengan lebih baik biasanya akan bisa menjalankan hidup lebih layak seperti orang normal di kehidupan bermasyarakat. Sementara itu, zat besi yang mengalami penumpukan di dalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan dengan cara bantuan obat thalasemia yang akan dikeluarkan lewat air seni atau urine. Penyakit thalasemia merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dilakukan deteksi sejak masih bayi di dalam kandungan. Dan jika suami atau juga istri merupakan salah seorang dari pembawa atau sebagai carier thalasemia, maka anak mereka yang mempunyai suatu kemungkinan mengalami resiko penyakit thalasemia bisa saja terjadi.

Itulah informasi mengenai jenis penyakit thalasemia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Jenis Penyakit Thalasemia

Cara Pemesanan Jeli Gamat Luxor – Obat Thalassemia
Membantu Pengobatan Thalassemiatalasemiasp

Harga Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia 1 botol Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/ botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Thalasemia dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Thalasemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.